Kamis, 24 Juni 2010

MANFAAT AKTIVITAS FISIK

Manfaat dari latihan fisik diperluas jauh melebihi pengendalian berat badan. Penelitian memperlihatkan bahwa aktivitas fisik teratur dapat membantu mengurangi resiko terhadap beberapa penyakit dan kondisi kesehatan, serta memperbaiki kualitas hidup secara keseluruhan.
Aktivitas fisik dapat membantu melindungi anda dari beberapa masalah kesehatan berikut ini :
  1. Mengurangi resiko kematian dini
  2. Mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung atau stroke. Aktivitas fisik harian dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke dengan menguatkan otot jantung, menurunkan tekanan darah, menigkatkan kadar HDL Cholesterol (kolesterol baik) dan menurunkan kadar LDL Cholesterol (kolesterol jahat), memperbaiki aliran darah dan meningkatkan kapasitas kerja jantung. Optimalisasi masing-masing faktor dapat memberikan manfaat tambahan dengan mengurangi resiko penyakit pembuluh darah tepi.
  3. Mengurangi resiko perkembangan penyakit jantung, kanker usus besar dan diabetes tipe 2 (Non-insulin Dependent Diabetes). Dengan mengurangi lemak tubuh, aktivitas fisik dapat membantu mencegah dan mengendalikan diabetes tipe ini.
  4. Membantu mencegah atau mengurangi tekanan darah tinggi. Aktivitas fisik teratur dapat mengurangi lemak tubuh, yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi. dan dapat mengurangi tekanan darah tinggi.
  5. Membantu mengendalikan berat badan dan menurunkan resiko menjadi obesitas. Aktifitas fisik membantu mengurangi lemak tubuh dengan membangun atau mempertahankan massa otot dan memperbaiki kemampuan tubuh untuk menggunakan kalori. Jika aktivitas fisik dikombinasikan dengan gizi yang tepat, ini dapat membantu mengendalikan berat badan dan mencegah obesitas, salah satu faktor resiko utama untuk banyak penyakit.
  6. Mengurangi resiko perkembangan sakit punggung. Dengan meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot, serta perbaikan kelentukan dan postur, latihan fisik teratur membantu pencegahan sakit punggung.
  7. Membantu mencegah atau mengurangi osteoporosis, mengurangi resiko patah pinggul pada wanita. Latihan fisik dengan beban tubuh secara teratur mendorong pembentukan tulang dan dapat mencegah banyak bentuk kehilangan tulang yang berhubungan dengan umur.
  8. Membantu membangun dan mempertahankan kesehatan tulang, otot dan sendi serta membuat orang dengan kondisi menahun dan cacat memperbaiki stamina.
  9. Meningkatkan kesejahteraan psikologis, mengurangi stress, kecemasan dan depresi, percaya diri (self esteem) dan pengendalian stress. Penelitian dampak psikologis dari latihan fisik menemukan bahwa aktivitas fisik teratur dapat memperbaiki suasana hati dan cara anda memandang diri sediri. peneliti-peneliti menemukan bahwa latihan fisik dapat mengurangi depresi dan kecemasan, serta membantu pengelolaan stress lebih baik.
  10. Membantu mencegah atau mengendalikan perilaku beresiko, terutama diantara anak-anak dan orang muda, seperti tembakau, alkohol atau penggunaan narkoba, diet tidak sehat dan kekerasan.
Deden Herlan S

Sumber : Dr. Iskandar Z. Adisapoetra, MSc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar