Senin, 05 Juli 2010

CARA MELEPASKAN DIRI DARI NIKOTIN

Gejala-gejala yang timbul akibat penghentian nikotin dan beberapa saran untuk mengatasinya. Proses penghentiannya dapat berlangsung beberapa hari hingga beberapa minggu. Penting unutk menyesuaikan diri dengan perilaku baru.
  1. Sangat mengidamkan : alihkan perhatian anda, tarik nafas dalam-dalam, yakinlah keinginan itu akan hilang.
  2. Pemarah : tarik nafas perlahan-lahan dan dalam, bayangkan pemandangan luar yang menyenangkan dan ambil libur pendek, berendamlah di air hangat.
  3. Insomnia (susah tidur) : beberapa jam sebelum tidur, jalan-jalan sebentar, membaca dengan santai, mandi dengan air hangat, makan pisang atau minumlah susu hangat, hindari minum minuman yang mengandung kafein pada sore hari.
  4. Selera makan meningkat : sediakan permen, buah atau sayur segar, minum air sebanyak-banyaknya atau cairan yang rendah kalori.
  5. Susah konsentrasi : minum banyak air, jalan cepat - kalau mungkin diluar rumah, sederhanakan jadwal selama beberapa hari, beristirahatlah.
  6. Cepat lelah : banyak berolahraga, tidur cukup, tidur siang, jangan kerja berat dulu selama 2-4 minggu.
  7. Sembelit, banyak gas dan sakit perut : minum banyak air, makan makanan berserat lebih banyak lagi : buah, lalapan, sereal atau beras yang masih ada kulit arinya, perlahan-lahan ubahlah pola makan.
Deden Herlan S 
Sumber : Mayo Nicotine Depedence Center

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar