Senin, 05 Juli 2010

IMPOTENSI

Impotensi yang terjadi sekali-kali merupakan hal biasa pada pria. Namun, bila terjadi berulang-ulang, bagaimanapun dapat merugikan citra diri pria itu dan mempengaruhi hubungannya. Untungnya, kebanyakan impotensi bisa berhasil diatasi. Impotensi didefinisikan sebagai ketidakmampuan mencapai atau mempertahankan ereksi yang memadai untuk melakukan hubungan seksual.
Penyebab-penyebab impotensi dapat bersifat psikologis bisa juga fisik. Stres, kecemasan atau depresi dapat menimbulkan impotensi. Impotensi dapat pulaakibat sampingan penggunaan alkohol dan obat-obat tertentu (misalnya beberapa jenis obat untuk mengurangi tekanan darah tinggi). Impotensi dapat juga disebabkan oleh penyakit-penyakit seperti diabetes atau multipel sklerosis atau penyakit-penyakit kronis lain. Impotensi juga bisa karena akibat suatu cedera langsung terhadap alat kelamin atau cedera yang menimpa sumsum tulang belakang atau sistem saraf. Pengobatan dengan radiasi atau operasi besar terhadap panggul, yang dilakukan karena kanker prostat, kandung kemih atau rektum, dapat juga menimbulkan impotensi.
Kalau anda masih dapat mengalami ereksi pada waktu-waktu tertentu, seperti pada pagi hari misalnya, mungkin anda dapat mengambil manfaat dari petunjuk berikut ini :
  • Hindari mengkonsumsi alkohol
  • Berhentilah merokok
  • Olahraga secara teratur
  • Kurangi stres
  • Bersama pasangan anda usahakanlah menciptakan suasana yang mendukung persetubuhan.

Deden Herlan S
Sumber : Mayo Clinic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar