Rabu, 21 Juli 2010

HORMON PADA WANITA

Hormon adalah zat kimia di dalam tubuh yang mengontrol bagaimana dan kapan tubuh kita berkembang. Sesaat sebelum seoarang gadis mulai dengan datang bulan yang pertama, tubuhnya mulai menghasilkan lebih banyak estrogen dan progesteron, yaitu hormon utama pada wanita. Hormon-hormon ini menyebabkan perubahan-perubahan ini dalam tubuhnya yang disebut remaja pubertas.
 
Selama usia subur dimana dia masih bisa mempunyai anak, hormon tersebut membuat tubuh wanita menyiapkan diri untuk hamil. Hormon-hormon tersebut juga memberi tanda pada indung telurkapan harus mengeluarkan sel telur (satu telur setiap bulan). Jadi hormon menentukan kapan seorang wanita bisa hamil. Banyak cara-cara keluarga berencana bisa bekerja mencegah terjadinya kehamilan dengan cara mengontrol kadar hormon didalam tubuh wanita.Hormon juga bisa menyebabkan perubahan selama kehamilan dan menyusui. Sebagai contoh, hormon menjaga wanita hamil dari datangnya datang bulan selama kehamilan dan setelah melahirkan hormon tersebut juga memerintahkan kepada payudara untuk mengeluarkan ASI.
 
Bila seorang wanita hampir mencapai akhir usia suburnya, tubuhnya perlahan-lahan berhenti menghasilkan estrogen dan progesteron, indung telur berhenti mengeluarkan sel telur, tubuhnya berhenti menyiapkan diri untuk hamil dan datang bulan berhenti untuk selama-lamanya, ini yang disebut menopause.

Kadar dan jenis hormon yang dihasilkan oleh tubuh wanita bisa mempengaruhi suasana emosinya, hasrat seksualnya, suhu tubuh, rasa lapar dan kekuatan tulangnya. (DH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar